posted on
Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia (AGII): Dari Fruit Tea Sosro, untuk Guru-Guru di Indonesia

Sahabat Fruit Tea pasti setuju, kan, kalau 2020/2021 adalah tahun yang nggak asyik buat pendidikan di Indonesia. Tentunya karena pandemi yang bikin kegiatan belajar harus dijalanin dari rumah. Bukan cuma para murid yang ngerasa keberatan, para guru juga dipaksa untuk cepat beradaptasi dengan teknik dan metode belajar yang kreatif. Supaya kamu bisa tetep semangat belajar dari rumah.

 

Situasi ini yang bikin Fruit Tea Sosro bekerja sama dengan Quipper untuk menggelar kegiatan Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 (AGII) sejak tanggal 1-15 Januari 2021. Tujuannya untuk memberikan penghargaan bagi para guru, dengan mengajak mereka membuat video inspiratif terkait proses #SchoolFromHome.

 

Selama periode pendaftaran AGII 2020/2021, ada 400 guru dari seluruh Indonesia yang ikutan. Ratusan video yang inovatif dan kreatif dikirim untuk diseleksi oleh juri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Praktisi & Konsultan Pendidikan, serta tim Fruit Tea Sosro.

 

Setelah melakukan seleksi ketat, akhirnya terpilih 3 video kategori terbaik dan 15 video kategori favorit. Tapi, karena saking bagusnya video yang sudah dikirim, akhirnya tim Fruit Tea Sosro menambah 2 video untuk kategori favorit juri.

 

Untuk kategori video terbaik dan kategori video favorit juri, para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total Rp47.500.000,- untuk tiga orang pemenang, sedangkan untuk 15 pemenang video favorit masing-masing akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1.000.000.

 

Ibu Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, sangat mengapresiasi seluruh peserta AGII 2020/2020. Beliau berkata, “Saya sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah ikut serta dan membagikan video-video pengajaran yang inovatif dan kreatif. Harapan saya untuk pelaksanaan AGII selanjutnya ajang ini menjadi wadah bagi para murid untuk memberikan penghargaan kepada para guru dengan memberikan dukungan partisipasi aktif pada kegiatan ini. Untuk para pemenang saya ucapkan selamat dan bagi para peserta yang belum beruntung di tahun ini, jangan berhenti untuk dapat terus berinovasi dan menginspirasi. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi untuk para guru agar potensi yang sudah ada semakin maksimal dan juga semakin banyak guru yg memberi inspirasi kepada para murid, semakin menambah semangat belajar para murid, sehingga menciptakan insan muda yang kreatif dan berkualitas.”



Salah satu pemenang AGII 2020/2021, Ricky Yakobus Kota dari SMA Dian Harapan Lubuklinggau juga ikut bercerita tentang inovasi metode belajar yang Ia buat. Ricky memilih metode gamifikasi alias teknik desain permainan, permainan berpikir, dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks.

 

“Melalui survey yang saya lakukan terhadap murid-murid di sekolah, dijumpai sebagian besar anak-anak sekolah saat ini sedang menggandrungi game online. Hal tersebut menjadi referensi bagi saya untuk mengkombinasikan pelajaran kedalam bentuk game yang menarik dan edukatif.” ujar Ricky.

 

Atas keberhasilan AGII 2020/2021, mudah-mudahan para guru di seluruh Indonesia bisa semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam membuat materi belajar yang informatif, kreatif dan inovatif.

 

Terima kasih para guru-guru di Indonesia!