posted on
3 Tradisi Unik yang Dilakukan saat Imlek

Perayaan Tahun Baru China atau Hari Imlek selalu menjadi momen yang meriah bagi masyarakat Tionghoa. Agar lebih ngeblend dengan suasana Imlek, rumah-rumah akan dihias dengan ornamen-ornamen berwarna merah, mulai dari lampion, gantungan kertas, hingga pohon dan bunga.

 

Selain menghias rumah, ternyata masih ada banyak lagi tradisi Hari Imlek yang dilakukan lho, Sahabat Fruit Tea. Yuk, simak selengkapnya, di bawah ini:

1. Menyapu rumah

Sekitar satu minggu sebelum Imlek, ada kebiasaan membersihkan rumah yang dilakukan masyarakat Tionghoa. Tradisi ini dipercaya dapat menghapus hal buruk yang terjadi di tahun sebelumnya. Ada juga beberapa orang yang percaya menyapu rumah dari luar ke dalam dengan tujuan agar segala keuntungan dan rezeki yang datang di tahun ini.

2. Mengusir monster Nian

Menurut mitos yang dipercaya masyarakat Tionghoa, menjelang Hari Raya Imlek akan ada seekor monster yang datang ke perkampungan. Itu sebabnya para penduduk akan menyalakan kembang api, menabuh drum, dan memajang dekorasi naga untuk melawan monster tersebut.

3. Makanan khas Imlek

Salah satu tradisi yang nggak boleh ketinggalan saat Imlek adalah makanan khas yang tersaji di meja makan. Jenis makanan yang wajib ada adalah olahan dari ikan. Selain itu, mie juga wajib dihidangkan dengan harapan panjang umur dan rezeki. Ada juga lumpia, udang, atau pangsit yang dihidangkan sebagai makanan pendamping.

 

Dari beberapa tradisi unik yang dilakukan saat Imlek, mana yang paling ngeblend buat kamu nih Sahabat Fruit Tea?