posted on
Yuk, Gunakan Social Media secara Bijak!

Sahabat Fruit Tea, tau nggak sih kalian kalo tanggal 10 Juni kemarin adalah Hari Media Sosial?! Yep, ternyata ada juga, ya hari buat ngerayain salah satu penemuan paling terbaru abad ini. Nah, ngomong-ngomong soal sosial media, sebagai remaja zaman sekarang, kita nggak mungkin bisa nih lepas dari mereka, maka dari itu, kita juga musti bijak dalam menggunakannya. Keep these things in mind when using social media, okay?

  • Jangan jadikan bahan perbandingan: di social media, semua orang pasti mempersembahkan sisi terbaik mereka, jadi jangan sedih, guys kalo kalian ngerasa kekurangan ngeliat itu semua karena pada kenyataannya, kita semua sama aja kok. Justru kalo kalian mulai banding-bandingin, ini nggak baik karena bertendensi menimbulkan perasaan-perasaan negatif.
  • Pastiin kalian punya proteksi yang kuat: di zaman sekarang, yang namanya akun social media itu ada banyak banget. Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, Sahabat Fruit Tea tinggal sebut deh. Nah, kalo kalian terdaftar di semua platform ini, pastikan kalian dengan bijak ngasih data sekaligus ngatur akun kalian agar terlindungi dengan baik, kayak contohnya: bikin kata sandi yang rumit atau nggak nge-share data diri yang nggak apa-apa kalo di-share. Bukan apa-apa, guys, serem banget deh kalo data kalian diambil!
  • Jangan jadikan sumber kebahagiaan: pasti seneng deh kalo misalnya ada yang like post kita, retweet, comment, dan sebagainya. Tapi, jangan jadikan ini satu-satunya hal yang kamu tunggu setiap harinya ya, Sahabat Fruit Tea karena hal ini juga yang akan menimbulkan ketidakpuasan yang bisa berakibat buruk ke diri kalian. Kayak misalnya, kalian jadi ngecek social media semenit sekali, atau begitu post kalian nggak dapet banyak like, kalian bakalan terobsesi dan ngelakuin segala cara buat ngedapetin like.
  • Berpikir dulu sebelum nge-post: Sahabat Fruit Tea, kita tentunya nggak sendirian di social media. Kayak dunia nyata pada umumnya, ada banyak banget netizen yang nggak sepemikiran atau datang dari latar belakang yang berbeda dari kita. Makanya, penting banget bagi kalian buat merhatiin apa pun yang kalian mau keluarin di social media karena itu kalian musti pertanggung-jawabkan. Ayo, coba bersimpati dan setiap mau nge-post kalian baca/liat lagi, terus bertanya, “Apa yang aku bakal post akan berdampak baik ke orang-orang?”

Tuh, guys, sebagai pengguna social media, kita tuh harus bener-bener bijak dalam memakainya karena kurang lebih ini sama kayak kalian bersosialisasi di dunia nyata dengan segala aturan dan peringatannya. At the end of the day, try to just relax, but still be mindful ya, Sahabat Fruit Tea!

Lihat Berita Lainnya