posted on
5 Fakta tentang Tahun Baru Cina yang Kamu Nggak Tau!

Selamat Tahun Baru Cina, sobat Fruit Tea! Semoga keberuntungan selalu menyertai kita di Tahun Tikus yang penuh kesejahteraan ini, ya! Nah, sambil kumpul-kumpul bareng keluarga, yuk cari tau fakta-fakta menarik tentang Tahun Baru Cina!

  1. Waktu untuk Berdoa pada Dewa Panen. Karena sebagian besar warga Cina bekerja di bidang agraria, Tahun Baru Cina mereka manfaatin sebagai saat untuk berdoa kepada Dewa Panen agar hasil panen mereka lebih besar tahun depan.
  2. Upaya untuk Melawan Monster. Menurut sebuah legenda, ada monster bernama Nian yang selalu muncul pada malam tahun baru. Nah, suatu ketika, ada seorang anak laki-laki yang berani dan ngelawan dia pake petasan. Besoknya, orang-orang pun ngerayain kelangsungan hidup mereka pake petasan juga.
  3. Dilarang Mandi, Nyapu, dan Membuang Sampah. Kayak yang kita semua tau, budaya Cina memiliki banyak superstisi, termasuk untuk tahun baru. Kabarnya, kamu dilarang mandi, nyapu, atau membuang sampah sebelum tanggal 5 karena dipercaya akan membasuh kekayaan di awal tahun dan menghapus keberuntungan dari rumah.
  4. Pasangan Palsu. Tahun Baru Cina jadi momen yang nggak ditunggu-tunggu oleh orang dewasa yang masih melajang karena ini saat di mana orang tua mereka bakalan nginterogasi mereka tentang pasangan. Buat ngatasin ini, biasanya para pemuda-pemudi single ini menyewa jasa pacar palsu! Wah, mirip juga, ya sama anak-anak muda Indonesia yang suka ditanyain kapan nikah setiap ketemu keluarga besar waktu pacaran. Tapi, kalo kalian, sampe bela-belain nyewa pacar palsu nggak?
  5. Amplop Merah. Amplop merah identik dengan Tahun Baru Cina. Ini bukan tanpa alasan, lho. Memberi amplop merah merupakan cara orang Cina untuk mengirim ucapan selamat dan juga keberuntungan. Diberikannya juga biasanya harus dari yang lebih tua ke yang lebih muda atau dari atasan ke bawahan.

Itu dia kelima hal yang mungkin kamu belum tau tentang Imlek. Terus simak website dan social media Fruit Tea Sosro, ya untuk info-info keren lainnya! Gong xi fa cai!

Lihat Berita Lainnya