posted on
5 Hal yang Kamu Nggak Tahu dari Bumi Manusia!

Film Bumi Manusia yang sempat menuai kontroversi dalam tahap pra-produksi beberapa bulan silam akhirnya sudah selesai dibuat dan siap untuk dirilis bulan ini di bioskop. Film yang didasari oleh novel tahun 1980 karya Pramoedya Ananta Toer ini dibintangi oleh salah satu aktor remaja terfavorit Indonesia, Iqbal Ramadhan dan disutradarai oleh sutradara kenamaan Hanung Bramantyo. Sebelum kita cek betapa spesialnya film ini, yuk, kita simak 5 fakta menarik di baliknya!

  1. Rel kereta api buatan dibangun. Rupanya produksi film Indonesia juga nggak kalah dengan produksi film-film Hollywood yang berbujet besar. Demi mendapatkan gambar yang diinginkan, tim artistik Bumi Manusia membuat rel api buatan yang akan dapat digunakan.
  2. Sultan Hamengkubuwana X menonton filmnya. Pada Selasa 13 Agustus kemarin, Hanung Bramantyo beserta beberapa pemain seperti Mawar Eva de Jongh, Brian Domani, Ayu Laksmi, Donny Damara dan lainnya berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwana X dan mengajaknya menonton filmnya.
  3. Yogyakarta sebagai Surabaya. Agar bisa memperlihatkan kota Surabaya di zaman dulu, Hanung Bramantyo sampai ke Desa Gamplong di Yogyakarta untuk membuat kota buatan ini lengkap dengan rumah-rumah yang juga dibangun.
  4. “Kayaknya Mas Hanung selesai syuting, dia opname deh,” berikut adalah salah satu komentar dari Fedi Nuril sehabis menonton Bumi Manusia karena kekagumannya dia pada apa yang sudah berhasil dibuat oleh Hanung Bramantyo yang sudah pernah bekerja sama dengannya di Ayat-Ayat Cinta beserta tim.
  5. Salman Aristo sempat menolak untuk menulis skenarionya. Lantaran belum merasa percaya diri untuk mengadaptasi novel seepik Bumi Manusia, Salman Aristo menolak tawaran Hanung Bramantyo untuk menulis skenario film ini ketika dia berencana untuk membuatnya 11 tahun yang lalu, pada tahun 2008 silam.

Fakta bonus:

  1. Oliver Stone sempat tertarik untuk menyutradarai. Sutradara kawakan Hollywood, Oliver Stone yang menggarap JFK, Platoon, The Doors, dan sudah memenangkan tiga Piala Oscar pernah menawarkan untuk memfilmkan Bumi Manusia dengan harga yang tinggi, namun itu akhirnya terhenti karena Pram berpikir, “Masa tidak ada orang Indonesia sendiri yang memfilmkannya?”

Dari fakta-fakta ini, kita bisa liat gimana keren dan agungnya novel ini. Makanya, kalian nggak boleh ngelewatin ini di bioskop! Jangan lupa bawa Fruit Tea Sosro-nya juga, ya buat nemenin di studio!

Lihat Berita Lainnya