posted on
Manfaat Edukatif Lego

Selain untuk hiburan dan koleksi, mainan Lego juga memiliki manfaat edukatif dalam mengembangkan beberapa hal. Yuk simak!

  1. Motorik. Lego memiliki potongan dalam berbagai macam ukuran dan bentuk. Untuk itu, dibutuhkan tingkat tekanan yang berbeda ketika kita menghubungkan potongan-potongan itu ke satu sama lain. Dalam melakukannya, ketangkasan kita akan terlatih dalam mengontrol kekuatan di berbagai aktivitasnya.
  2. Kerja Sama. Ketika membangun sebuah konstruksi lego dalam grup, kita harus mampu menyetujui satu gagasan yang sama. Hal ini mendorong kita untuk mempelajari toleransi, kepercayaan, serta negosiasi peran dan tanggung jawab.
  3. Kreativitas. Dalam bermain lego, tak ada yang namanya benar atau salah karena kita diberikan kesempatan untuk mengulang. Ketakutan kita akan kegagalan pun menjadi hilang bersamaan dengan batasan imajinasi kita dalam menciptakan sesuatu sehingga kreativitas pun terasah dengan mudah.
  4. Percaya Diri. Membangun sebuah konstruksi lego bisa menjadi sesuatu yang amat sulit. Ketika kita berhasil melakukannya, kita akan merasa puas dan bangga dengan diri kita sendiri, dan ini tentu akan membangkitkan kepercayaan diri kita.
  5. Komunikasi. Lego menyediakan wadah yang cocok bagi kita untuk mengikuti perbincangan yang menyenangkan dan berarti dengan lawannya. Ketika kita mengomentari lego, kita memperdalam kemampuan komunikasi dalam menjelaskan suatu ide, aktivitas, proses, serta rintangan yang kita hadapi.

Wah, lego ternyata bukan sekadar permainan biasa, lho…

Lihat Berita Lainnya