posted on
The Life of Saykoji

Ignatius Rosoinaya Penyami (Igor) atau yang lebih dikenal dengan nama Saykoji menghidupkan kembali musik rap Indonesia di era tahun 2000an. Sebelum memulai perjalanan karirnya, Saykoji awalnya tidak tertarik pada aliran musik rap. Ia menganggap pemusik rap tidak jelas dalam membawakan sebuah lagu. Namun, setelah mendengar music Iwa K, Black Skin dan NEO, ia mulai menyukai aliran ini dan mempelajarinya lebih lanjut.

Nama Saykoji sendiri juga memiliki cerita unik sendiri. Di waktu sekolah, Igor terkenal introvert, dan teman-temannya menjuluki ia dengan sebutan psycho (re: sayko). Dari cerita itu lahirlah nama Saykoji. Di tahun 2005, ‘So What Gitu Loh’ menjadi debut pertamanya. Lagu tersebut langsung disukai banyak orang karena sukses menggantikan Iwa K dan Denada yang sudah vakum.

3 tahun kemudian, Saykoji kembali muncul dengan single ‘Online’ yang meledak di pasaran. Beberapa tahun setelah itu, Saykoji kembali merilis lagu berjudul ‘Copy My Style’ yang kontroversial. Lagu tersebut mengungkapkan rasa kecewa Saykoji terhadap rapper asal Malaysia, Joe Farizal yang membajak karyanya. Saykoji memilih untuk tidak membesarkan masalah pemalsuan lagunya, ia memutuskan untuk menyelesaikannya secara hiphop dengan menghadirkan lagu tersebut. Wow, hebat ya guys!

Lihat Berita Lainnya