posted on
Mengenal lebih dekat Launchpad

Perkembangan musik saat ini sangatlah pesat. Begitu pula dengan alat-alat musik, contohnya alat untuk nge-DJ. Pada tahun 80an para disk jokey (DJ) menggunakan piringan hitam, lalu berganti dengan disk CDJ. Makin kesini makin berkembang keluarlah DJ mixer, midi controller, dan saat ini munculah Launchpad.

Launchpad saat ini menjadi alat DJ yang simpel. Para DJ kelas dunia pun menggunakan Launchpad untuk menambah kualitas musik mereka. Selain bisa mengeluarkan nada yang unik, Launchpad juga dapat meremix lagu. Biasanya sebuah DJ set terdiri dari rangkaian DJ mixer, MIDI controller, effect generator dan lainnya.

Launchpad dapat menggantikan beberapa fungsi dari alat tersebut sekaligus. Launchpad memiliki tombol-tombol yang dapat diatur setiap nadanya, biasanya memiliki 64 tombol. Karena banyaknya tombol, Launchpad dapat digunakan untuk clipping, mixing, eksekusi drum pattern, trigger loops, mapping dan menggerakkan parameter seperti fade atau cross. Dapat dibilang ini adalah alat DJ lengkap masa kini dan yang tak kalah lagi, Launchpad lebih murah dari DJ set.

Lihat Berita Lainnya