posted on
Tradisi Hari Paskah

Selain Natal, Paskah yang merupakan Hari Kebangkitan Yesus Kristus juga menjadi hari raya penting untuk umat Kristiani dan Katolik. Paskah biasanya selalu jatuh pada hari Minggu di tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Perayaan Paskah identik dengan menghias telur. Selain itu, banyak juga tradisi unik lainnya yang terjadi di seluruh dunia.

  1. Finlandia – mengusir penyihir. Warga Finlandia mempercayai bahwa saat Paskah akan ada penyihir yang bermunculan. Oleh karena itu, warga Finlandia membuat api unggun untuk mengusir penyihir tersebut.
  2. Prancis – omelet raksasa. Dahulu kala, Napoleon Bonaparte sangat suka dengan omelet. Ia memerintahkan pasukannya membuat omelet untuk dimakan bersama. Sejak saat itu, kegiatan ini menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan masyarakat Prancis untuk memperingati Paskah.
  3. Polandia – bermain air. Ketika Paskah, para laki-laki dan perempuan bermain air dengan maksud saling menyiramkan satu sama lain. Alat yang digunakan dapat berupa ember atau pistol air. Mitosnya, mereka yang paling banyak terkena air diprediksi akan menikah pada tahun berikutnya.
  4. Yunani – buang kendi. Masyarakat Yunani akan melemparkan perabotan rumah seperti kendi tanah liat dari jendela rumah mereka. Kebiasaan ini menjadi simbol penyambutan musim panen yang baru. Saat musim panen baru tiba, mereka akan menggunakan perabotan yang baru juga.

Lihat Berita Lainnya