posted on
Tips Belajar Efektif

Mendapatkan nilai kurang bukan berati kalian bodoh, mungkin karena kalian kurang memahami pelajaran, atau cara belajar kalian yang kurang efektif. Sebenarnya otak manusia hanya bisa menampung informasi kurang lebih selama 120 menit. Jadi jangan terlalu diforsir dalam belajar. Ada tips agar kalian bisa belajar dengan efektif, berikut tipsnya.

  1. Diskusi. Belajar sambil berdiskusi bersama teman-teman menjadi salah satu metode yang baik. Kita dapat bertukar pikiran satu sama lain dan akan saling melengkapi.
  2. Buat pengingat. Metode pengingat sangat efektif dalam belajar. Buatlah inti dari pelajaran yang telah dipelajari di kertas kecil. Dengan begitu kalian akan ingat apa yang kalian pelajari dan bisa mengembangkannya.
  3. Istirahat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jangan terlalu diforsir dalam belajar. Jika kalian sudah merasa lelah, istirahat sejenak sambil ngemil atau dengan hal yang lain.
  4. Jangan malu bertanya. Pepatah mengatakan, “malu bertanya sesat di jalan”. Hilangkan rasa malu untuk bertanya, karena akan percuma jika kalian diam saja, yang ada kalian tidak akan tahu apa-apa.
  5. Praktek. Otak akan mudah mencerna secara visual dan langsung terekam dengan cepat. Jika sudah seperti itu kita akan tahu mana yang harus dilakukan.
  6. Terus mencoba. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, merupakan sebuah pribahasa yang terkenal. Jangan pernah ragu untuk mencoba, dari setiap kegagalan ada sebuah pelajaran yang akan bisa diperbaiki.
Lihat Berita Lainnya