posted on
Nintendo dari Masa ke Masa

Kalian para pecinta game konsol pasti akrab dengan Nintendo. Game konsol yang berasal dari Jepang ini sukses di pasaran. Nintendo merupakan perusahaan tertua pada bidang game konsol. Terbukti dengan game andalan mereka yaitu Mario Bros yang keluar pada tahun 1982 dan sampai sekarang game ini masih tetap eksis. Memiliki perjalanan yang panjang membuat Nintendo tetap berusaha untuk menciptakan game konsol. Yuk kita lihat perjalanan Nintendo dari dahulu sampai sekarang.

Color TV Game (1977)

Nintendo mengeluarkan game konsol pertama mereka yaitu Color TV Game. Memang sangat asing kita mendengar game konsol ini, karena memang hanya rilis di Jepang. Pada seri ini Nintendo mengeluarkan 6 macam diantaranya Color TV Game 6, Color TV Game 15, Color TV Game 112, Color TV Game Block Breaker dan Computer TV Game.

Nintendo Entertainment System (NES) (1983)

Menjadi game konsol terpopuler di Asia dan Amerika Utara pada saat itu. Penjualan yang sangat fantastis, yaitu kurang lebih sebanyak 62 juta unit. Memiliki cirri khas berwarna abu-merah dan memiliki game andalan yaitu Mario Bros, yang tetap eksis sampai sekarang.

Super Nintendo Entertainment System (SNES) (1990)

Nintendo ini merupakan penyempurnaan dari NES. Memiliki teknologi grafis 16-bit yang membuat SNES ini lebih baik. Walau begitu penjualan SNES ini tidak sebanyak NES, penjualannya kurang lebih sebanyak 49 juta unit saja.

Nintendo 64 (1996) Hadir dengan spesifikasi yang makin canggih, Nintendo 64 menjadi saingan game konsol lainnya seperti PlayStation dan Sega. Membawa spesifikasi dengan prosesor 64-bit, Nintendo 64 ini sudah bisa memainkan game dengan grafis 3D.

Gamecube (2001) Persaingan game konsol makin banyak, akhirnya Nintendo mengelurkan game konsol flagshipnya. Pertama kalinya mengadopsi media permainan yang menggunakan disc. Saingan Nintendo pada saat itu ialah PlayStation 2, Xbox dan Sega Dreamcast.

Nintendo Wii (2006) Tak hentinya berinovasi, Nintendo wii membuat sebuah kontroler berupa remot (wiimote). Kontroler ini memiliki sensor gerak, sehingga saat bermain kita bisa merasakan seperti nyata. Mengayun remot seperti layaknya raket saat bermain bulu tangkis.

Nintendo Wii U (2012) Hadir sebagai game konsol pertama yang memiliki NFC (Near Field Communication), resolusi 1080p (Full HD)dan juga dengan fitur layar sentuh. Memiliki kontroler yang berfungsi untuk melanjutkan permainan ketika layar TV mati.

Lihat Berita Lainnya