posted on
Makna di Balik Lomba-Lomba 17an

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73, guys! Gimana nih kalian ngerayainnya? Masih suka ikut lomba di RT atau komplek dong tentunya? Kalian tau nggak kalo ternyata di balik lomba turun-temurun ini, ada banyak pelajaran yang bisa kalian ambil? Yuk, cek makna dari lomba-lomba 17-an di bawah ini!

  1. Panjat Pinang: dengan aturan di mana beberapa orang harus saling bahu-membahu untuk memanjat batang pinang yang diberi oli untuk mengambil hadiah-hadiah di puncak, tentu aja makna lomba Panjat Pinang adalah kepentingan dari kebersamaan dan gotong royong dalam mencapai suatu tujuan. Lomba Panjat Pinang berusaha untuk mengajarkan kita agar tidak menyerah dan saling membantu dalam menyelesaikan masalah.
  2. Balap Karung: di masa penjajahan dulu, rakyat kita mengalami banyak penderitaan. Pakaian adalah salah satunya. Dulu, rakyat kita harus menerima kenyataan bahwa mereka hanya mampu membuat pakaian dari karung goni. Inilah asal muasal lomba Balap Karung. Karung yang diinjak-injak adalah simbol pelampiasan perlakuan penjajah kepada kita dulu. Nggak cuma itu, lomba ini juga menggambarkan sulitnya seseorang bergerak apabila mereka terkukung.
  3. Tarik Tambang: apabila Panjat Pinang mengajarkan kita bahwa persatuan bisa mengantarkan kepada tujuan, Tarik Tambang mengajarkan kita bahwa persatuan dapat mengalahkan lawan.
  4. Makan Kerupuk: tangan yang diikat ke belakang, kerupuk yang digantung tinggi, lomba Makan Kerupuk adalah lomba untuk mengingatkan kita akan masa penjajahan di mana rakyat Indonesia kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan, tapi mereka tak pernah menyerah untuk mengatasinya.
  5. Sepeda Lambat: lomba yang satu ini mengajarkan kita untuk tidak terburu-buru dalam mengerjakan suatu hal dan selalu menjaga keseimbangan dalam setiap elemen yang ada dalam hidup kita.

Keren juga, ya bangsa kita? Ternyata lomba nggak sekedar lomba, tapi banyak juga pesan berguna yang kita bisa tarik. Nah, Ikut lomba apa nih kalian hari ini? Apa pun itu, tentunya sambil ditemenin Fruit Tea Sosro juga, kan?

Lihat Berita Lainnya