posted on
Jenis-jenis Orang dalam Tugas Kelompok

Dalam tiap tugas kelompok, pasti ada anggota dengan tipe-tipe yang kayak gini. Coba deh baca dan identifikasi diri lo!

  1. Yang Ambisius dan Ngerjain Semuanya: kalo lo orang yang biasanya take charge, terus nge-volunteer diri lo ke temen-temen lo buat ngerjain karena lo punya trust issue sama mereka dan takut dapet nilai yang nggak terlalu bagus, lo adalah jenis orang yang kayak gini. Guys, it’s good to be ambitious, but let other people have their part, too, okay?
  2. Yang Iya-iya Aja dan Ngebiarin yang Lain Ngatur: atau mungkin lo orang yang manggut-manggut aja, nerima dengan pasrah tugas yang dikasih ke lo, dan jarang ngomong dalam diskusi? Wah, lo sangat pemalu ya, guys? Salah satu tujuan dari tugas kelompok adalah supaya lo bisa belajar caranya membaur dengan orang lain, so don’t be afraid to speak up!
  3. Yang Bantuin Beli Snack dan Minuman: mungkin lo mikir lo nggak punya banyak hal yang bisa lo tawarin dalam tugas ini, jadi dari pada lo ngerepotin atau ngeganggu, mending lo ngasih support dengan cara nge-provide snack dan Fruit Tea Sosro. Well, tentu aja tabiat lo baik, tapi jangan insecure ya, guys, jangan takut salah dan berkontribusi aja! Namanya juga belajar.
  4. Yang Muncul Pas Akhir Doang: wah, kalo yang ini obvious big no-no sih, guys. Kalo kalian suka muncul pas tugas udah mau selesai cuma buat mastiin nama kalian nggak ketinggalan, kalian musti berubah nih. Ini nggak adil dan nggak sebanding banget buat temen-temen kalian yang udah susah payah nyelesain tugasnya.

So, which one are you? Whatever it is, try to help as much as you can, but be proportionate about it as well. Tugas kelompok itu bisa fun, guys, asal tiap orang ngerjain part mereka masing-masing dan tentu aja, asal kalian selingi dengan sebotol Fruit Tea Sosro!

Lihat Berita Lainnya