posted on
Ritual Bakar Tongkang

Hai, guys! Ada yang tau sama tradisi bakar Tongkang nggak? Berasal dari Kota Bagansiapiapi di Riau, tradisi bakar Tongkang adalah ritual tahunan masyarakat Bagansiapiapi di mana sebuah kapal Tongkang dibakar sebagai persembahan untuk Dewa Kie Ong Ya. Gimana sih asal-usulnya? Yuk, simak!

Semuanya bermula dari 18 perantau Tionghoa yang menyeberangi lautan dengan kapal Tongkang mereka untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lagi. Di tengah perjalanan, mereka tersesat. Nggak tau harus gimana lagi, mereka pun berdoa kepada Dewa Laut Kie Ong Ya agar diberikan tuntunan. Nah, nggak lama abis itu, tiba-tiba mereka ngeliat cahaya samar-samar di kejauhan. Dengan logika bahwa di mana ada api maka ada kehidupan, mereka ngikutin cahaya itu hingga akhirnya sampai di daratan Selat Malaka yang kini jadi daerah Bagansiapiapi. Cahaya yang mereka lihat sendiri ternyata adalah cahaya kunang-kunang yang ada di atas bagan penampungan ikan, dan dari sini juga nama Bagansiapiapi muncul. Sebagai wujud syukur, para perantau ini akhirnya membakar kapal Tongkang mereka hingga menjadi sebuah ritual yang ada sampai sekarang ini.

Yep, segitu dulu info keren tentang Negara kita hari ini. Untuk konten keren lainnya, terus simak socmed dan website Fruit Tea Sosro, ya!

Lihat Berita Lainnya