posted on
5 Tips Ampuh Ujian Mandiri

Pertama-tama, congratulations buat kalian yang berhasil lulus SMA, you have a great future ahead of you! And one of those futures is getting into college. Aren’t you excited?! Nah, bagi kalian yang pengen masuk PTN-PTN keren, kita ada beberapa tips nih buat kalian nyiapin diri sebelum Ujian Mandiri sama mereka!

1. Konsultasi: banyak di antara kalian yang belum yakin mau masuk jurusan mana. Ini merupakan salah satu keputusan terpenting yang akan kalian buat dalam hidup, jadi supaya bisa ngerjain Ujian Mandiri dengan lancar, harus ada kemantapan di dalam hati. Kalo kalian bingung, coba deh konsul sama orang-orang yang kenal dekat sama kalian seperti orangtua dan sahabat dan minta pendapat mereka tentang situasi ini.

2. Kerjain Materi yang Lo Kuasain: kita semua tau kalo kalian nggak perlu ngerjain soal secara berurutan. Nah, supaya kalian make most of you guys’ time, kalian mending skimming dulu soalnya, cek yang mana yang menurut kalian bisa dikerjain dengan cepat dan benar, lalu kerjain yang itu dulu.

3. Buat yang Pake Sistem Minus, Jangan Asal Tembak: nggak cuma SBMPTN, beberapa universitas juga menggunakan sistem minus (-1) pada jawaban yang salah di ujian mereka. Nah, kalian musti camkan bahwa kalo kalian nggak tau atau nggak yakin, mendingan nggak usah diisi sama sekali. Mungkin kalian percaya sama yang namanya luck, tapi ngapain ngambil resiko buat hal gede yang bakal berpengaruh secara besar di dalam hidup kalian?

4. Tandain Dulu Jawabannya sebelum Dikerengin: Ini trik yang udah lama tapi OK banget buat nge-save waktu. Setiap kalian dapet jawaban, mending kalian tandain dulu di lembar jawabannya, terus kalian move on ke soal lain. Setelah itu, baru deh kalian kerengin semua jawaban yang udah ditandain tadi di akhir. Cara ini juga bakalan ngebantu kalo ternyata kalian nemuin bahwa jawaban awal kalian salah. Diapusnya tinggal dikit, terus langsung bisa kerengin yang bener.

5. Berdoa: setelah selesai ngerjain ujiannya, jangan lupa buat berdoa. Minta juga doa restu orangtua karena restu dan doa mereka adalah restu Tuhan.

Good luck ngerjain Ujian Mandiri-nya, guys! Jangan lupa temani diri kalian dengan sebotol Fruit Tea Sosro yang menenangkan dan menyenangkan pikiran!

Lihat Berita Lainnya