posted on
5 Tips untuk Belajar Skill Baru dengan Cepat

Temen-temen Fruit Tea Sosro, jadikan liburan ini kesempatan bagi kalian buat produktif, salah satunya dengan menguasai skill baru kayak misalnya main gitar, menari, mengedit video, dan sebagainya. Mumpung liburan masih panjang, kalian bisa mulai belajar skill-skill ini dengan beberapa tips berikut!

  1. Buat goal: tau goal lo apa adalah langkah yang krusial dalam mempelajari apa pun. Ini yang akan membuat lo tetep bergerak dalam langkah yang konsisten, apalagi waktu lo menemukan kesulitanyang pasti bakalan terjadi. Goal akan ngebangkitin motivasi, dan cara nentuin goal adalah dengan ngejawab pertanyaan-pertanyaan kayak, Kenapa lo mau belajar skill ini dibanding yang lain? Apa yang akan lo lakuin begitu lo udah bisa?, dan sebagainya.
  2. Rincikan: sekarang saatnya bagi lo buat dekonstruksi skill yang mau lo kuasain, dimulai dengan ngeresearch semua hal yang bersangkutan dengan skill tersebut. Seraya lo tau lebih banyak, coba list juga komponen yang musti lo punya, seberapa pun kecilnya itu. Dengan ngelist semua hal ini, lo jadi tau apa yang lo musti lakukan setelah tiap step.
  3. Pikirkan segala alasan yang bisa bikin lo nyerah: beberapa minggu atau hari pertama dalam mempelajari skill baru adalah yang paling susah. Ini adalah masa-masa awal di mana kita baru tau kalo ada banyak banget yang harus kita kerjain. Nah, buat menanggulangi ini, jujur aja sama diri sendiri dan buat daftar semua alasan itu, jadi ketika masa-masa itu datang, lo udah prepare dan nggak ngerasa terlalu jatuh banget.
  4. Fokus pada 20%-nya: menurut Prinsip Pareto, 20% dari usaha lo akan berdampak pada 80% hasilnya. Maka dari itu, dari rincian yang lo bikin di poin kedua, coba lo tentuin step-step yang paling penting buat lo kuasain. Misal, kalo lo belajar gitar, lo prioritasin pelajarin empat chord yang paling sering dipake. Kalo lo belajar masak, mungkin lo prioritasin gimana motong yang bener, dan sebagainya. Intinya, apa pun itu skill kecil yang lo fokusin, pastiin itu yang paling berpengaruh.
  5. Belajarnya satu-satu: bahkan kalo lo udah tentuin apa step yang paling penting, lo kadang suka tergoda juga buat melajarin step-step kecil lainnya. Kita aja susah multitask hal-hal yang kita udah kuasain, apalagi melajarin dua skill di saat yang sama. Ini bakalan melambatkan proses belajar lo. Jadi, belajar skill kecil-kecilnya satu-satu ya, guys.

Wah, panjang juga, ya tips yang satu ini? Tapi, jangan salah, guys, begitu kalian kerjain, kalian beneran bakalan lebih gampang kok melajarin apa pun itu skill yang pengen kalian pelajarin. Jangan lupa buat minum Fruit Tea Sosro buat nemenin lo ngelaluin semuanya, ya!

Lihat Berita Lainnya