posted on
5 Tips Merencanakan Masa Depan

Nggak ada yang namanya terlalu dini dalam ngerencanain suatu hal. Malahan, semakin dini lo ngerencanain, semakin siap diri lo ketika hal itu datang. Makanya, di umur lo yang sekarang, nggak ada salahnya bagi lo buat mulai mikirin masa depan. Lagian, lumayan juga buat ngisi waktu liburan. Yuk, lakuin hal-hal ini buat bikin masa depan lo makin cerah!

  1. Ikut kegiatan masyarakat: volunteer di acara-cara yang diadain RT lo adalah cara yang bagus buat ngedapetin pengalaman hidup dan nyiapin diri lo dalam berinteraksi sama tetangga-tetangga lo nanti. Ini sangat penting, lho, guys, soalnya kalo lo kenapa-napa di rumah, yang pertama ngebantu pasti tetangga lo dibanding temen-temen sekolah lo yang rumahnya entah di mana.
  2. Pelajarin skill presentasi: dalam situasi apa pun, dari mendaftar ke kampus pilihan sampe ke interview kerjaan, kemampuan public speaking adalah kunci yang utama. Lagian, siapa juga yang mau ngasih kesempatan ke orang yang nggak keliatan menjanjikan? Coba deh minta tolong orangtua lo buat ngeliat lo ngasih presentasi kayak pidato atau story dan minta feedback dari mereka.
  3. Mengevaluasi diri: encourage diri lo buat selalu introspeksi diri agar lo tau kekuatan dan kelemahan lo. Dengan begini, lo bisa ngelakuin berbagai hal yang sesuai untuk bisa memperkuat kekuatan dan menutupi kelemahan tersebut.
  4. Buat vision board: kalo kalian niat, kalian bisa pajang satu papan di kamar kalian, terus di sana, kalian bisa tempelin goal-goal kalian di masa depan. Kalian bisa tempel goal yang besar, kayak masuk universitas bergengsi, lalu di bawahnya kalian bisa tempelin goal-goal kecil yang bisa membantu kalian buat mencapai goal besar tersebut, kayak bimbel, ikut ujian SBMPTN, ujian mandiri, dan sebagainya. BTW, ini nggak harus papan, ya. Kalian nyatet di HP atau buku diary kalian juga udah jadi. Ini buat ngebantu kalian tetep fokus aja.
  5. Kunjungin berbagai kampus: masa liburan kayak gini adalah masa yang perfect buat lo dan orangtua keliling ngeliat-liat berbagai kampus. Dengan ngelakuin ini, lo bisa ngerasain “vibe” perkuliahan dan mungkin bisa terbantu buat mutusin hal-hal yang krusial kayak jurusan apa yang lo mau, kampus apa yang paling nyaman, dan sebagainya.

Yep, itu dia kelima tips buat kalian plan masa depan. Good luck ya, guys. Jangan lupa terus jadikan Fruit Tea Sosro your beverage of choice dan simak media sosial Fruit Tea Sosro untuk info-info dan tips keren lainnya!

Lihat Berita Lainnya