posted on
Fakta-Fakta Menarik tentang Petak Umpet

Cepet, sekarang coba pikirin permainan masa kecil kalian! Pasti petak umpet adalah salah satu yang paling pertama muncul, kan? Nah, permainan tradisional yang populer ini asyik buat kita dalami lebih jauh, lho! Yuk, simak!

  1. Menurut Encyclopedia Britannica, Petak Umpet dikabarin udah eksis dari abad kedua Masehi. Tua banget, ya?
  2. Bukti asal-usul ini datang dari Julius Pollux, warga Yunani yang nulis pada abad ke-2 tentang permainan berkonsep serupa dengan nama Apodidraskinda.
  3. Masing-masing negara juga punya permainan yang mirip dengan namanya masing-masing, kayak Escondite di Spanyol dan Jeu de Cache-Cache di Prancis.
  4. Di Indonesia sendiri ada juga variasi nama berdasarkan daerah. Misalnya, di Sunda namanya Ucing Sumput, di Jawa namanya Jepungan atau Jethungan, dan sebagainya.
  5. Di Jepang, ada permainan Petak Umpet yang agak serem bernama Hitori Kakurenbo. Kenapa serem? Karena kalian bermain Petak Umpet sama hantu yang kalian undang. Hiii!

Sekali-kali, yuk, taruh gadget kalian dan main petak umpet sama temen-temen. Seru banget, lho kalo kalian mau tau. Udah gitu, sekalian olahraga juga, iya nggak? Kalo udah selesai, kalian bisa istirahat sambil minum Fruit Tea Sosro deh!


Lihat Berita Lainnya