posted on
5 Alasan Kenapa Tertawa itu Baik

Pernah denger ungkapan “laughter is the best medicine”, guys? Ternyata itu emang benar adanya, lho. Penelitian telah menyatakan bahwa tertawa memiliki kualitas penyembuh, dan ini dia lima alasan kenapa lo musti tertawa hari ini!

  1. Tertawa Mengurangi Respon Stress: waktu lo tertawa, ada kontraksi otot yang meningkatkan aliran darah dan oksigen. Ini menstimulasi hati dan paru-paru dan memancing pelepasan hormon endorfin yang bisa ngebikin lo lebih rileks secara fisik dan emosional.
  2. Tertawa Mendorong Imunitas: menurut suatu penelitian yang dilakukan di Indiana State School of Nursing, tertawa riang bisa meningkatkan pembunuh sel alami atau
    semacam sel darah putih yang nantinya bakalan nyerang sel kanker.
  3. Tertawa Meningkatkan Pertahanan Diri: pertahanan adalah kemampuan untuk melihat kegagalan sebagai proses yang natural menuju keberhasilan dibandingkan hasil yang negatif. Kemampuan untuk mengenali kesalahan tanpa marah atau frustrasi akan membuat lo jadi lebih bahagia dan sehat pada akhirnya.
  4. Tertawa Melawan Depresi: penelitian mendukung pernyataan bahwa tertawa adalah jalan yang terbaik untuk keluar dari keterpurukan. Ketidakbahagiaan bisa menjadi pola pikir yang terpendam apabila lo nggak “keluar” dari diri lo sekali-kali. Dengan menjadi saksi mata dari situasi lo dibandingkan membiarkan diri lo ngerasa jadi korbannya, lo bakalan bisa ngeliat humor di dalamnya. Bahkan, tertawa yang maksa juga bisa ngelepas banyak hormon, neuropeptisida, dan dopamin yang bisa mengembangkan mood lo.
  5. Tertawa Melepaskan Rasa Sakit: emang sih orang-orang yang tertawa nggak ngerasain rasa sakit yang lebih sedikit dari pada orang-orang yang nggak tertawa, tapi katanya, mereka jadi nggak seterganggu itu sama rasa sakit mereka. Total rasa sakitnya tetap sama, tapi kepercayaan kalo mereka sanggup menghadapinya jadi meningkat.

Itulas lima alasan kenapa lo musti sering-sering tertawa. Seperti kata Warkop DKI, “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.” Terus simak website Fruit Tea Sosro untuk info berguna lainnya, ya!

Lihat Berita Lainnya