posted on
4 Sastrawan Terbaik Indonesia

Selamat Hari Buku Nasional, guys! Buat ngerayain sekaligus mengapresiasi karya sastra Indonesia, yuk cek empat sastrawan kita yang udah melegenda dan patut lo ikutin!

  • Chairil Anwar: kata ‘sastra’ pasti identik dengan bapak yang satu ini. Dijuluki si Binatang Jalang, Chairil Anwar adalah pelopor sastra angkatan ’45 yang udah menghasilkan salah satu karya sastra terbaik Indnesia, ‘Aku’. Bagi yang nggak familiar, buku ‘Aku’ inilah yang dibaca Rangga di film Ada Apa dengan Cinta?
  • Wiji Thukul: inget film berjudul Istirahatlah Kata-Kata yang rilis tahun lalu? Film yang melanglang-buana di festival ini nyeritain tentang Wiji Thukul, tokoh revolusioner Indonesia yang dinyatakan hilang dan melarikan diri ke Pontianak sejak 27 Juli 1996. Melalui karya-karyanya, Wiji Thukul memberikan suara buat kaum tertindas melawan rezim Orde Baru. Patutlah kita mengapresiasi beliau.
  • Sapardi Djoko Damono: dengan karya monumentalnya, Hujan Bulan Juni, Sapardi Djoko Damono berhasil menoreh namanya dalam dunia sastra Indonesia. Nggak Cuma kumpulan puisi yang diterbitin pada tahun 1994, Hujan Bulan Juni juga dijadiin novel, komik, dan bahkan film nantinya. Sekarang, lo masih bisa ketemu dia kok di program S2 Universitas Indonesia jurusan sastra.
  • W.S. Rendra: berbeda sama yang lain, W.S. Rendra nggak masuk ke pakem mana pun. Bapak yang dijuluki “Burung Merak” ini selalu membuat karya yang jujur dan menurut dengan kebebasannya sendiri. Nggak cuma di Indonesia, beliau juga terkenal di ranah sastra dunia. Banyak karyanya yang udah diterjemahin dalam bahasa lain kayak bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan India.

Kalo kalian bingung mau mulai dari mana buat nikmatin Sastra Indonesia, kalian bisa mulai dari keempat sastrawan di atas nih. Jangan lupa siapin Fruit Tea Sosro yang banyak sensasinya di samping lo!

Lihat Berita Lainnya