posted on
Tradisi Gawai Dayak Kalimantan

Ayo, perluas lagi ilmu pengetahuan lo tentang masyarakat Indonesia bersama #fruitteasosro! Kali ini, kita mampir ke Kalimantan dan belajar tentang tradisi Gawai Dayak. Dilaksanakan secara besar-besaran sejak tanggal 25 September 1964, Gawai Dayak merupakan festival tahunan yang diadakan untuk merayakan masa panen suku asli Kalimantan. Layaknya tradisi masyarakat Indonesia yang lain, Gawai Dayak memiliki makna yang mendalam. Yuk, simak apa aja maknanya!

  1. Dalam Gawai Dayak, terdapat ritual yang bernama Ngambar Bide. Berasal dari suku dayak Kanayatn, Ngampar Bide berarti meminta kepada Jubata (Tuhan YMA) agar acara gawai yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Gawai Dayaknya sendiri merupakan wujud terima kasih kepada Jubata atas hasil panen yang melimpah.
  2. Selain wujud terima kasih, Gawai Dayak juga merupakan permintaan restu kepada Jubata untuk menggunakan padi dari dangau padi.
  3. Untuk masyarakatnya sendiri, Gawai Dawak adalah pertanda penutupan untuk tahun berladang.
  4. Tak hanya itu, Gawai Dayak juga dilaksanakan untuk mempererat hubungan persaudaraan di antara suku-suku asli Kalimantan.

Memang, ya masyarakat kita nggak pernah lupa diri dan selalu menghargai alam semesta. Hal yang kayak gini nih yang patut banget kita pelajarin dari mereka. Terus simak website fruitteasosro.com untuk pengetahuan lainnya, ya!

Lihat Berita Lainnya