posted on
Tan Malaka
Tan Malaka adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki jiwa sosialis yang tinggi karena Ia membela keadilan bagi rakyat kecil. Memiliki nama asli Sutan Ibrahim dengan gelar Datuk Tan Malaka. Lahir pada tanggal 2 Juni 1897 di Suliki, Sumatera Barat. Tan Malaka adalah lulusan dari Rijks Kweekschool di Haarlem, Belanda. Setelah lulus Tan Malaka kembali ke Indonesia dan mengajar di perkebunan yang berada di daerah Deli. Dari sinilah Tan Malaka merasakan ada ketimpangan sosial.

Pada tahun 1921 Tan Malaka pergi ke Semarang untuk mulai terjun ke dunia politik. Kiprahnya di dunia politik tidak bisa diragukan, dari beberapa pemikirannya banyak pengaruh besar untuk sejarah kemerdekaan Indonesia.

Banyak track record yang dimiliki Tan Malaka, salah satunya adalah terciptanya Indonesia sebagai Negara Republik. Hal itu tercetus pada buku Tan Malaka yang berjudul “Naar De Republiek”. Tan Malaka merupakan sosok yang sangat inspiratif. Hal ini terbukti berdasarkan dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, yang mengaku bahwa Tan Malaka adalah sosok yang Ia idolakan karena Tan Malaka memiliki pemikiran yang sangat berbobot.
Lihat Berita Lainnya