posted on
Cara Mendeteksi Berita Hoax

Temen-temen suka bete nggak sih waktu ibu atau ayah tiba-tiba ngasih berita-berita yang nyeremin dan bikin paranoid di WhatsApp atau Facebook? Padahal, semua berita itu belum tentu ada benarnya. Entah kenapa orangtua kita seakan nggak tau caranya ngebedain mana berita hoax dan mana berita sesungguhnya. Yuk, ajarin mereka dengan beberapa tips ini:

  1. Hati-Hati dengan Judul Provokatif: karena nggak punya substansi, biasanya berita hoax menggunakan judul sebombastis mungkin agar ada orang yang mau membaca. Judul ini pun diikuti oleh berita yang dramatis pula.
  2. Otentifikasi Foto: ada banyak cara untuk menyelewengkan berita, salah satunya adalah dengan penggunaan gambar. Foto yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan berita yang ia dampingi sering dipasangkan demi menyampaikan agenda yang bersifat pribadi. Jadi, penting bagimu untuk mencermati keasliannya.
  3. Fact Check: telusuri berbagai aspek dalam berita tersebut. Dari mana sumber beritanya? Apakah dari portal berita terpercaya atau malah pihak berwenang? Mana yang merupakan fakta, dan mana yang opini? Pikiran kritis seperti ini amatlah penting agar kamu bisa mendeteksi berita hoax.

Nah, sekarang, apabila ibu atau ayah mengirimkan kamu berita-berita semacam ini dari internet, yuk, temani dan beritahu mereka cara memilah-milih berita. Jangan lupa juga minum Fruittea Sosro yang rasa enaknya nggak HOAX!

Lihat Berita Lainnya