posted on
Tradisi Unik Menyambut Lebaran

Setelah sebulan berpuasa, biasanya umat muslim bertakbir di masjid/mushala. Hal itu dilakukan buat menyambut datangnya hari kemenangan umat muslim, yaitu Idul Fitri. Dan taukah kalian, setiap daerah di Indonesia punya cara unik pas malam takbiran. Daerah mana aja itu? Yuk lihat.

  1. Pontianak – Meriam Karbit. Tradisi unik masyarakat Pontianak yaitu dengan membuat meriam dari bambu. Meriam tersebut dijejerkan di pinggir sungai Kapuas. Lalu, meriam itu dibunyikan menggunakan obor. Konon dengan memainkan meriam tersebut dapat mengusir kuntilanak.
  2. Aceh – Meugang. Tradisi unik di Aceh, kota yang berjuluk Serambi Mekah hampir sama saat Idul Adha. Masyarakat di sana menyembelih sapi atau kambing. Kemudian daging tersebut dibagikan ke kaum dhuafa agar semua bisa menyantap daging yang lezat.
  3. Yogyakarta – Grebek Syawal. Yogyakarta juga memiliki tradisi unik menyambut lebaran, yaitu grebek syawal. Tradisi ini dilakukan dengan menyusun hasil pertanian masyarakat lokal menjadi gunungan. Lalu, gunungan tersebut dibawa mengelilingi Keraton sampai Masjid Agung untuk didoakan. Setelah itu gunungan dibawa keluar untuk menjadi rebutan masyarakat.
  4. Gorontalo – Tumbilotohe. Sejak abad – 15 masyarakat Gorontalo mengadakan tradisi Tumbilotohe. Tradisi ini dilakukan dengan menyusun ribuan lampu minyak di tanah lapang. Lampu minyak tersebut disusun membentuk sesuatu yang berhubungan dengan lebaran, seperti masjid, ketupat, sampai membentuk kaligrafi
  5. Bengkulu – Ronjok Sayak. Tak jauh berbeda dengan Tumbilotohe, bedanya masyarakat Bengkulu menyusun batok kelapa di depan rumah. Lalu, membakar batok kelapa tersebut. Tradisi ini dinamakan bakar gunung api atau ronjok sayak
Lihat Berita Lainnya